Newsroom

can-i-pay-my-tax-bill-with-a-credit-card

Mungkin Anda salah satu dari orang kebanyakan yang masih bingung, bagaimana baik nya ya? cetak kartu ke percetakan saja atau beli printer kartu sendiri? Kali ini printerkartujakarta.com akan membahas topik ini.

business_creditcards_column-5f6b2036

Selalu kembalikan ke bagaimana kebutuhan Anda sebenarnya. Coba pertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Cukup Single Side Printer atau harus Dual Side Printer

Sistem pencetakan yang pasti pada printer kartu adalah satu sisi. Jika Anda perhatikan banyak sekali tipe printer kartu yang hanya bisa print satu sisi. Ditambah lagi fakta hanya sedikit tipe yang bisa cetak kartu dua sisi dengan full warna. Sebagian besar bisa dual side, namun satu sisi warna, bagian sisi yang lain hanya bisa print hitam.

Pertimbangan dari segi harga juga harus diperhatikan, karena harga printer kartu dual side dua kali lipat dari harga printer single side. Oleh karena nya kami selalu menyarankan kepada customer kami, beli saja yang single side lalu untuk print di sisi lainnya dibalik manual.

2. Apakah Harus Print Full Warna

Design kartu akan sangat mempengaruhi keputusan Anda untuk memilih printer kartu mana yang akan dibeli. Apalagi jika Anda membutuhkan hasil cetak maksimal selevel kartu ATM atau Kartu Kredit. Kami selalu sarankan untuk cetak dulu blangko kartu nya lalu di print nama dan ID dengan printer kartu. Memang terkesan jadi kerja dua kali, namun bisa menghemat budget ribbon, karena hanya butuh ribbon black monochrome saja tidak perlu yang warna. Bahkan ada type khusus dari vendor yang menjembatani kebutuhan ini. Ada printer kartu yang hanya bisa print hitam.

3. Apakah Cetak Satu Waktu atau Berkelanjutan

Jika Anda HRD dari satu perusahaan yang butuh cetak ID Card karyawan Anda sewaktu waktu dan berkelanjutan, atau Anda adalah admin dari EO event tertentu yang mesti cetak member di tiap event Anda, maka Anda wajib memiliki sendiri paling tidak satu unit printer kartu. Namun jika Anda hanya butuh cetak dalam satu masa saja, silahkan cetak langsung ke percetakan.

4. Perlukah Kartu untuk Simpan Data

Kami sering mendapatkan pelanggan yang membutuhkan kartu yang tidak hanya kartu biasa, namun membutuhkan kartu yang “lebih pintar”. Kartu yang mereka butuhkan juga dipakai untuk absensi, akses masuk, dan kartu parkir. Jika memang ada kebutuhan kesana, maka pilihlah printer kartu yang memang di design untuk smart card. Karena RFID dan smart card memiliki chip pintar didalamnya yang butuh pemanasan yang pas saat di cetak.

5. Seberapa Banyak Cetak Kartu dalam Setahun

Jika Anda mempunyai intensitas kebutuhan cetak diatas 10.000 kartu per tahun, kami sarankan untuk ambil tipe yang middle high. Seri low budget atau entry level hanya diperuntukkan untuk cetak maksimal 500 kartu dalam sebulan. Pertimbangan harga memang sangat sensitif, namun jika kedepan Anda mesti sering service unit printer Anda karena over kapasitas bukankah akan membuat budget Anda membengkak.

6. Layanan Aftersales Brand

Ini adalah hal paling penting yang mesti Anda pertimbangkan. Siapa perusahaan yang mem back-up dibalik printer kartu yang Anda beli? Selalu tanyakan ke penjual bagaimana layanan purna jual dari merk ini. printerkartujakarta.com akan menjamin layanan aftersales printer yang Anda beli tetap bagus.

 

credit-card-ownership-statistics-1024x376

Ada banyak ukuran kartu yang beredar di masayarakat. Ketebalan kartunya pun bervariasi. Jika Anda ragu ukuran manakah yang cocok dan aman jika nanti dipakai untuk print di printer kartu Anda, mari kita cari tahu disini.

Berapa idealnya ukuran standar id card yang sesuai dengan acuan International Organization for Standards (ISO)? Hal ini memang sepele namun juga tidak sedikit yang keliru ketika hendak mencetakkan kartu untuk usahanya seperti kartu id card, kartu member, kartu pelajar, kartu RFID dsb

Menurut badan standarisasi internasional dalam dokumen ISO 7810 (karakteristik fisik id card). Menurut ISO 7810 ada 4 ukuran yaitu:
ID-1 : 85.60 × 53.98 mm (paling banyak untuk id card dan kartu bank)
ID-2 : 105 × 74 mm (id card Jerman)
ID-2 : 125 × 88 mm (paspor dan visa)
ID-4 : 25 × 15 mm (kartu SIM untuk wilayah tertentu)

 

Lantas berapa ukuran kartu yang berlaku di Indonesia? Sama dengan ukuran standar atm & kartu kredit sesuai ISO 7810 ID1 = 85.60 x 53.98 mm

Ukuran id card diatas sesuai dengan ISO, namun ada istilah lain yang juga sering dipakai adalah:
CR-79 memiliki ukuran 3.303? x 2.051? (83.9 mm x 51 mm), umumnya dipakai untuk kartu proximity.
CR-80 (ukuran ID-1) adalah ukuran standar kartu id card 3.375″ x 2.125″ (85.6 mm x 54 mm) yang paling banyak dipakai.
CR-90 memiliki ukuran yang lebih besar dari CR-80 yakni 3.63″ x 2.37″ (92 mm x 60 mm).
CR-100 merupakan ukuran yang paling besar yaitu 3.88″ x 2.63″ (98.5 mm x 67 mm), 42% lebih besar dari CR-80.

Jika ditinjau dari segi ketebalan kartu, minimum ketebalan yang telah ditentukan oleh standar
ISO adalah tebal 30mil atau setara dengan 0,762 mm. Namun kini sudah banyak jasa percetakan kartu yang menggunakan ketebalan lebih tebal dari ukuran standar yaitu 0,83mm dan 0,96mm.

Selain itu, kartu yang sesuai dengan standar ISO memiliki karakter yang tidak dimiliki oleh kartu instan lainnya. Yaitu dari segi warna ketajaman lebih solid, potongan siku kartu tidak tajam & lebih rapi sehingga sangat ramah dengan berbagai macam tipe id card printer (tidak mudah merusak head printer). Lalu menggunakan sistem laminasi PRESS OVEN sehingga antara bahan dan laminasi sangat menyatu beda dengan sistem laminating biasa yang fungsinya hanya untuk menempelkan saja.

Nah kini Anda sudah mengerti bagaimana ukuran, ketebalan dan kualitas kartu yang menggunakan acuan standar ISO dalam proses produksinya.

rfid-card

Pernah bertanya-tanya ga sih sobat printerkartujakarta.com, kenapa saat sudah lewat masa inap di hotel, kartu hotel nya tidak bisa dipakai? Bagaimana cara kontrolnya  yah? Lalu pernah lihat orang masuk ke ruangan tertentu, hanya menempelkan kartu lalu pintu bisa terbuka. Tapi tanpa kartu tidak bisa dibuka?

Ilustrasi diatas adalah gambaran dari teknologi lain yang telah berkembang di dunia AIDC dalm hal ini di kartu akses. Selain pembacaan sidik jari atau fingerprint, sekarang ini ada cara lain yang dapat digunakan untuk pengabsenan. Salah satunya adalah sidik kartu atau card reader. RFID adalah kartu yang digunakan untuk pengabsenan di mesin absensi yang bisa membaca kartu. Selain RFID ada satu lagi kartu yang dapat digunakan untuk pengabsenan, yaitu kartu Mifare.

Yuk kita bahas lebih detail terkait perbedaan dari Mifare dan Proximity Card ini

Kartu RFID / Proximity
Kartu Proximity atau Prox Card adalah nama yang umum digunakan untuk contactless card yang digunakan untuk security acces system atau system pembayaran. Frekuensi yang umum digunakan pada kartu dan alat pembacanya (card reader) adalah 125 kHz atau yang generasi lebih baru bekerja pada frekuensi 13.56 MHz. Proximity Card dikenal juga dengan nama RFID smartcard contactless. Standarisasi kartu ini umumnya yaitu ISO/IEC 14443 (jarak baca kartu) dan ISO/IEC 15693 . Umumnya jarak baca berkisar 0 sampai 3 inch sehingga memungkinkan untuk ditaruh dalam tas atau dompet. Saat ini kartu proximity bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau yaitu harga umum berkisar USD 1 – USD 3 sehingga banyak digunakan dalam aplikasi identifikasi, akses control, pembayaran, transportasi, dan lain-lain.
Komponen kartu terdiri dari rangakaian IC, kapasitor dan kumparan yang terhubung secara parallel. Tidak mempunyai memory untuk menyimpan data.

Proximity
Tidak dapat menyimpan data
Cara pengabsenan dengan pembacaan kode dalam kartu
Isi dalam kartu tidak dapat diubah
Pembacaan kartu melalui signal radio dari kartu
Bisa dicetak foto
Long live, tidak menggunakan baterai, dapat dipakai terus menerus

 

rfid-card

Kartu Mifare
Sejenis kartu semi konduktor yang diproduksi oleh NXP (philips) yang sering digunakan untuk public transportation, parking, ID card, sistem absensi, tiket, kartu kredit, kartu toll, dan masih banyak aplikasi lainya. Frekuensi yang umum digunakan pada kartu dan alat pembacanya (card reader) adalah 13.56 MHz. Punya semacam memory untk menyimpan data, dan bisa diisi ulang.

Mifare
Dapat menyimpan data berupa nama, No ID, dan sidik jari pegawai
Cara pengabsenan dengan mencocokan data kartu dengan data mesin
Isi dalam kartu dapat diubah, dihapus, dan diperbarui
Pembacaan kartu melalui signal radio dari kartu
Bisa dicetak foto Long live, tidak menggunakan baterai, dapat dipakai terus menerus

code6

Disadari atau tidak, barcode merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan, mulai dari peroduk yang kita beli sampai mendata pasien di rumah sakit sehingga barcode sudah terintegrasi dengan gaya hidup modern. Sehingga sudah tidak mengejutkan lagi kalau perpaduan kultur dan teknologi akan menghasilkan efek lain dalam bidang arsitektur dan desain.

Berikut ini beberapa gedung menarik yang terinspirasi oleh dari garis barcode

code5

code4

code1

code2

code3

thermal-tranfer-direct-thermal-comparison

Pada Dasarnya Jenis Dari Percetakan Ada Dua Yaitu Thermal Transfer Dan Direct Thermal Transfer, Keduanya Memiliki Perbedaan Dalam Kelebihan Dan Kekuranganya, Berikut Ini Adalah Pembahasan Mengenai Direct Thermal Barcode Printing

 

Ciri-ciri Direct Thermal

  1. Menggunakan media dengan sensitivitas panas
  2. Tidak menggunakan pita ribbon
  3. Digunakan untuk mencetak label yang bersifat sementara seperti label pengiriman barang
  4. Hasil cetakan pelahan-lahan akan memudar

Dasar dari direct thermal

Direct thermal bekerja dengan pemanasan langsung oleh label sensitive dengan headprinter yang langsung berhubungan dengan media. Untuk metode tersebut Anda harus menggunakan media yang sensitive dalam menghantarkan panas dan direct thermal mempunyai label yang sensitive terhadap panas dan akan menghasilkan hasil cetakan setelah proses pemanasan tersebut dimana printhead yang akan mencetak pada setiap tulisan ataupun gambar yang Anda tentukan.

Direct thermal yaitu tidak memakai pita ribbon sehingga tidak akan ada jeda hanya sekedar untuk mengganti pita dan tidak ada biaya tambahan untuk membeli pita, kelemahanya yaitu  label ini menggunakan bahan kimia untuk mencetak, bahan kimia ini lama kelamaan akan memudar dan hasil cetakan menjadi kuning. Proses pemudaran label tersebut tergantung dari tingkat panas dan cahaya yang dihasilkan printer tersebut.

Kurangnya pita ribbon menjadi kelemahan dari printer jenis ini karena penggunaan pita ribbon memiliki lapisan khusus pada sisi belakangnya yang dapat berfungsi untuk membantu melindungi printhead. Sedangkan jika tidak memakai pita maka printhead akan langsung bergesekan dengan kertas sehingga ujung printhead akan terkikis seiring dengan berjalanya waktu.

Pada umumnya yang memakai pita ribbon berfikir akan menghabiskan biaya banyakan untuk membeli pita, tetapi setelah dicermati bahwa printer yang memakai pita ribbon mempunyai umur lebih lama tetapi dalam kasus ini penggunaan pita ribbon disarankan untuk bisnis yang memiliki volume mencetak dalam jumlah besar, sedangkan untuk mencetak dalam jumlah sedikit direct thermal lebih disarankan.

Karena hasil cetakan tersebut cepat memudar maka pada umumnya direct thermal digunakan untuk mencetak tanda terima, tiket lalu lintas, label farmasi, packing list, pasien dan tag harga eceran juga contoh aplikasi umum di mana Direct Thermal sering digunakan.

 

barcode2-1

Penggunaan Barcode Scanner saat ini memang sudah mengalami perkembangan, tak hanya digunakan pada bidang industry saja, baru-baru ini sebuah pusat lembaga donor darah di Rusia memanfaatkan teknologi yang dimiliki barcode scanner untuk membantu mereka dalam mengontrol proses donor darah termasuk ditransportasi dan penyimpanan agar dilakukan dengan benar, selain itu juga barcode scanner dapat menjamin bahwa penggunaan komponen darah maupun persiapan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Salah satu kegiatan penting dalam donor darah adalah mengumpulkan data mengenai pendonor, asisten medis harus memasukan informasi yang akurat mengenai pendonor, kuantitas dan kualitas darah yang dikumpulkan dalam database elektronik. Pada masa lalu proses ini dilakukan dengan cara manual dan terpisah antara satu lembaga dengan lembaga lainnya, namun untuk menjamin kualitas pelayanan diseluruh negeri, Dinas Darah Nasional Rusia menetapkan bahwa informasi ini harus terintegrasi bagi seluruh lembaga donor darah dan otomatisasi system harus dibangun untuk membentuk system kerja yang terkontrol.

Oleh karena itu mereka melakukan pengembangan dalam teknologi yang mendukung rencana tersebut dan direkomendasikan agar menggunakan barcode scanner untuk digunakan pada semua workstation Nasional Pelayanan Darah di semua lini. Semua didata dalam system seperti pendaftaran anggota baru, masalah plasma darah sampai pemilihan darah untuk pasien, selain kinerja lebih efisien dan ketelitian yang baik brcode scanner sangat membantu proses tersebudan yang paling menarik minat lembaga tersebut adalah karena teknologi pencitraan yang unik untuk pengambilan gambar dan kemampuan mengumpulkan data pada setiap sudut scan.

Karena kinerja barcode tersebut semua data dimasukan ke dalam database elektronik tunggal, proses inventarisasi dan pelacakan bahan donor terjadi secara real time sehingga memungkinkan interaksi cepat antara fasilitas transfusi darah dan rumah sakit. Selain itu, barcode scanner juga secara akurat dapat mengidentifikasi wadah darah dan mengasosiasikan mereka dengan para donor mereka. Pelacakan transportasi darah dilakukan dengan membaca label khusus yang berisi informasi tentang golongan darah dan nomor seri sumbangan.

thermal-paper-50x58

Menjadi pebisnis terutama dibidang retai saat ini pastinya sangat memahami betapa pentingnya sebuah gulungan kertas, dimana kertas tersebut digunakan sebagai salah satu komponen penting POS bagi bisnis Anda. Kertas yang Kami sediakan dibuat dengan bahan yang dilapisi bahan kimia khusus dan dapat berubah warna ketika dihantarkan panas sehingga untuk mencetak pada kertas tersebut tidak lagi membutuhkan pita ribbon, tinta ataupun wax.

Mencetak dengan memakai thermal juga sangat mudah untuk digunakan selain mudah ditempatkan pada printer thermal kertas terebut juga mudah diselaraskan maupun dikelola, sehingga sangat wajar jika saat ini banyak yang beralih menggunakan thermal dibandingkan dengan dot matrix.

Kami sebagai salah satu penyedia kertas thermal dengan berbagai macam jenis berusaha untuk selalu meyediakan kertas dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Kami menawarkan berbagai kertas termal yang didesain untuk keperluan kasir sehingga dapat digunakan untuk percetakan di restoran, rumah sakit, bank, pom bensin, ritel dan berbagai tempat lainnya.

 

solutions-barcode-labels-imprinted

Pada dasarnya kita tidak bisa meletakan kode barcode secara asal, karena ada atuan yang berlaku sebagai standarisasi penggunaan barcode, tetapi sayangnya banyak yang tidak paham dengan standar tersebut sehingga mereka hanya membuat kode barcode seadanya. Ada beberapa pokok yang harus diperhatikan dalam pemberian kode barcode yaitu identifikasi pada produk yang dijual (SKU) dan shelfing (proce tag) yang ada di rak penjualan.

Dalam penjualan produk sering kali terjadi perubahan harga sehingga ada baiknya jika tidak menaruh label harga perproduk tetapi cukup menaruhnya di rak tersebut.

barcode1

Label harga detail yang memudahkan konsumen mengetahui harga jual pada rak produk makanan cepat saji.

barcode2

Label tersebut juga dapat diaplikasikan tetapi terlalu banyak info yang dimasukan dan terkadang pembeli tidak paham dengan maksud dari kode tersebut maka jarang ada yang memakainya.

barcode3

Ada juga yang seperti ini, tentunya bermacam-macam cara penggunaan label barcode karena belum adanya aturan dari lembaga perlindungan konsumen mengenai standar baku sebuah label dalam harga.

 

b0027jblv4-ex3

barcode merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah bisnis terutama bisnis retail, dengan menempelkan barcode, pebisnis tidak perlu memberitahukan kepada setiap konsumen ketika bertanya harga dari produk yang dijual. Selain itu agar barcode dapat merekat dengan baik dan sempurna ada kiat-kiat yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Bersihkan Permukaan Alas

Bersihkan permukaan alas untuk label Anda, pastikan benar-benar bersih dan kering, bebas dari debu maupun minyak, untuk membersihkanya dapat menggunakan alcohol karena memiliki cairan yang dapat menambah daya rekat label.

  1. Lepas Label Secara Perlahan

Ketika menarik label dari kertas label lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak label, jangan sampai label tertekuk ketika melepaskanya karena label tidak akan rata jika ditempelkan pada bidang yang datar. Minimalisasi label ketika bersentuhan dengan kulit karena sedikit saja terkena debu atau minyak dapat mempengaruhi daya rekat label.

  1. Eratkan Label dengan Baik

Eratkan label yang telah Anda cabut dari kertas label dengan cepat, rekatan label bersifat permanen sehingga tidak bisa dipakai lagi setelah direkatkan, ada baiknya biarkan selama 48 jam untuk daya rekat yang maksimal

Perlu diketahui bahwa suhu sangat mempengaruhi daya rekat sebuah label, terlalu dingin atau panas menjadikan daya rekat tidak maksimaal, suhu yang dianjurkan adalah 22°C sampai 37°C. jika Anda memerlukan label barcode kami sebagai penyedia peralatan kasir menyediakan label maupun jasa label untuk bisnis Anda.

quietzone

Ada Banyak Alasan Mengapa Barcode Scanner Terkadang Tidak Dapat Discan Tetapi Ada Hal Umum Yang Biasa Terjadi Ketika Barcode Tidak Dapat Discan Adalah Karena Adanya “Quiet Zone Violation”. “The Quite Zone” Merupakan Area Kosong Sekitar Barcode Yang Digunakan Untuk Memberitahu Barcode Scanner Pada Saat Sinyal Mulai Dan Berakhir.

Selain itu mencetak dengan objek barcode terlalu dekat dan tidak menyisakan ruang yang cukup disekitar barcode juga dapat menjadi sebab lain barcode scanner kesulitan membacanya sehingga tidak akan terdeteksi oleh barcode scanner tersebut.

Salah satu cara untuk mencegah tidak terbacanya barcode oleh barcode scanner adalah dengan memberikan ruang yang cukup untuk garis barcode, “the quiet zone” setidaknya mempunyai jarak 10 kali lebih besar jika dihitung dari garis barcode tersempit atau sekitar seperempat inci. Tidak ada ukuran maksimal untuk “the quite zone”, jadi Jika Anda mempunyai ruang yang cukup luas untuk garis barcode sebaiknya gunakan ruang tersebut untuk barcode Anda.